Selamat Datang di Website Dinas Pengairan Aceh.
BENDUNG LHOK GUCI

WADUK KEULILING

BENDUNG KARET KRUENG PEUSANGAN

PINTU AIR LAMREH

 

Pertemuan Masyarakat Hidrologi Indonesia dan Malaysian Hydrological Society Berfokus Pada Sharing Teknologi Hidrologi dan SDA

45245952fc8c5c5e099a3e444bf8f32a_L

Malaysian Hydrological Society (MHS) melakukan kunjungan dan silaturahmi dengan Masyarakat Hidrologi Indonesia (MHI) di Kementerian Pekerjaan Umum, Jakarta (23/09). Kunjungan yang cetuskan MHS ini merupakan realisasi dari kerjasama antara  MHI dan MHS yang yang difokuskan pada teknologi hidrologi dan sumber daya air.

Pada hari pertama, MHS dengan didampingi pejabat terkait di lingkungan Direktorat Jenderal Sumber Daya Air meninjau Kanal Banjir Timur (KBT) di kawasan Jakarta Timur dan Jakarta Utara. Delegasi MHS menyatakan pentingnya kunjungan ke KBT ini untuk melihat langsung keberhasilan Ditjen SDA Kementerian PU dalam melakukan penanggulangan dan pengendalian banjir di DKI Jakarta. Turut dibahas dalam kegiatan tersebut mengenai rencana pembangunan Jakarta Giant Sea Wall sebagai bagian dari program Jakarta Coastal Defense.

 

Pada hari kedua, MHI dan MHS melakukan Pertemuan Pertama sekaligus Kongres MHI ke-IV. Pertemuan ini diharapkan menjadi sarana penyampaian aspirasi dan tukar menukar pengalaman dan teknologi dalam bidang hidrologi dan sumber daya air bagi kedua negara.

 

Dalam sambutannya Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto menyampaikan harapannya agar anggota MHS dan  MHI dapat menjalankan visi dan misinya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat bersama-sama dengan pemerintah dalam peningkatan kesejahteraan rakyat Indonesia dan Malaysia secara keseluruhan yang berkaitan dengan bidang hidrologi dan sumber daya air.

 

“Saya mengharapkan MHI dengan pembahasan dalam pertemuan hari ini dapat merumuskan saran-saran positif kepada Pemerintah Indonesia dan Malaysia dan mensosialisasikannya kepada seluruh lapisan masyarakat. Dengan demikian target pemerintah dalam rangka peningkatan produksi  pangan dapat dicapai,” tutur Djoko Kirmanto.

 

Sementara Ketua Pengarah Jabatan Pengairan dan Saliran Malaysia sekaligus Presiden Persatuan Hidrologi Malaysia (MHS), Datuk Ir. Hj Ahmad Husaini bin Sulaiman menyatakan pertemuan ini digagas untuk melihat langsung konsep penanganan banjir di Jakarta oleh Kementerian Pekerjaan Umum. Sebab Jakarta dan Kuala Lumpur sebagai kota metropolitan menghadapi isu dan permasalahan banjir yang sama.

 

Turut hadir dalam acara tersebut Pengarah Bahgian Sumber Air dan Hidrologi Malaysia; perwakilan anggota MHS; Kepala  Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika; Kepala Badan Informasi Geospasial; perwakilan Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PU; perwakilan Direktur Jenderal Tata Ruang, Kementerian PU; perwakilan Direktur  Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian, Kementerian Pertanian, Kementerian Pertanian; perwakilan Direktur Pengairan dan Irigasi, Bappenas; perwakilan Kepala UPT Hujan Buatan BPPT, serta perwakilan Direktur Utama PJT I dan PJT II.

 

(idr/chs/anj – Datin SDA)