Selamat Datang di Website Dinas Pengairan Aceh.

Profil Dinas

Dinas Pengairan Pemerintah Aceh
Jl. Ir. Mohd. Thaher No. 18 Lueng Bata
Banda Aceh, 23247

SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA DINAS PU PENGAIRAN

Sebelum di bentuknya Dinas Pekerjaan Umum Pengairan Aceh, tugas-tugas pengairan ditangani oleh Sub Dinas Pengairan yang berada dan bertanggung jawab kepada Dinas Pekerjaan Umum Propinsi Daerah Istimewa Aceh, Kepala Sub Dinas Pengairan adalah eselon III.b dan membawahi empat seksi yaitu : Seksi Perencanaan Teknis, Seksi Pembangunan, Seksi Operasi dan Pemeliharaan, Seksi Sungai dan Rawa.

Mengingat volume tugas-tugas Dinas pekerjaan Umum Propinsi Daerah Istimewa Aceh semakin luas dan komplek serta memerlukan penanganan khusus dan professional, maka Pemerintah Daerah Istimewa Aceh bermaksud memekarkan Dinas Pekerjaan Umum menjadi 3 (tiga) Dinas, yaitu Dinas Pekerjaan Umum Pengairan, Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya.

Setelah keluarnya izin dari Pemerintah Pusat dan diterbitkannya Peraturan Daerah Propinsi Daerah Istimewa Aceh Nomor : 10, 11 dan 12 tanggal 14 Juli 1999, Dinas Pekerjaan Umum Propinsi Daerah Istimewa Aceh resmi dimekarkan menjadi 3 (tiga) Dinas. Dan pembentukan Dinas Pekerjaan Umum Pengairan Propinsi Daerah Istimewa Aceh berdasarkan Peraturan Daerah Istimewa Aceh Nomor : 10 Tahun 1999 tanggal 14 Juli 1999.

Dinas Pekerjaan Umum Pengairan Propinsi Daerah Istimewa Aceh membawahi Kepala Bagian Tata Usaha dan lima Kepala Sub Dinas yaitu : Sub Dinas Survey dan Pelestarian Sumber Air, Sub Dinas Pembangunan, Sub Dinas Bina Manfaat dan Pengairan Pedesaan, Sub Dinas Operasi dan Pemeliharaan, dan Sub Dinas Perizinan dan Penyuluhan.

(Sumber : Memori Serah Terima Jabatan Kepala Dinas PU Pengairan Prov. Daerah Istimewa Aceh Tahun 2000)

TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

Dinas Pengairan adalah unsur Pelaksana Pemerintah Propinsi yang dipimpin oleh seorang Kepala Dinas, berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Daerah melalui Sekretaris Daerah.
Dinas Pengairan mempunyai tugas menyelenggarakan sebagian Kewenangan Pemerintah Propinsi dan tugas Dekonsentrasi dibidang Pengairan.
Untuk melaksanakan tugas sebagaiamana dimaksud pada ayat (2) pasal ini, Dinas Pengairan menyelenggarakan fungsi :
Menyiapkan bahan perumusan perencanaan/program dan kebijaksanaan teknis dibidang pengairan.
Menyelenggarakan pembinaan, pelestarian Sumber Daya Air, pemeliharaan, pembangunan, dan rehabilitasi dan pengairan perdesaan.
Melaksanakan tugas-tugas yang terkait dengan Pengairan sesuai ketetapan Kepala Daerah.