Penjaga Pintu Air Ikut Bimtek Teknik dan Kontruksi

Kategori : Berita Kegiatan Senin, 23 September 2019

BLANGPIDIE | Sejumlah penjaga pintu air dan petugas operasi bendung dari enam kabupaten di Propinsi Aceh mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) implementasi peraturan perundang-undangan bidang teknik dan kontruksi yang diselenggarakan Dinas Pengairan Aceh di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) sejak Rabu (18/9) hingga Jumat (20/9).

Kegiatan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penjaga pintu air dan petugas operasi bendung mulai dari Abdya, Aceh Selatan, Aceh Jaya, Bener Meriah, Gayo Lues dan Aceh Tenggara. Hal itu mengingat kebijakan umum pembangunan pengairan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas  pemanfaatan air serta meningkatkan penyediaan air terutama untuk pembangunan pertanian.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Abdya, Ir Moch Tavip MM mewakili Kadis Pengairan Aceh  mengatakan pembangunan pengairan selama ini telah mendukung tercapainya berbagai sasaran pembangunan pertanian, terutama swasembada pangan. Namun, pemenuhan kebutuhan air secara keseluruhan belum memadai termasuk wilayah Abdya.

Efektifnya pengelolaan pengairan khususnya pengelolaan jaringan irigasi tidak hanya ditentukan oleh tersedianya air yang cukup juga jaringan irigasi yang baik. Tetapi diperlukan kegiatan operasi dan pemeliharaan jaringan itu sendiri.

“Maka dari itu bimbingan teknis ini perlu dilakukan, mengingat pentingnya peran petugas pintu air dan petugas operasi bendung,” paparnya.

Ditambahkan, pemeliharaan dan rehabilitasi  jaringan irigasi telah diatur dalam pasal 3 dan 2 peraturan menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No.12/ 2015 tentang eksploitasi serta pemeliharaan irigasi yang merupakan upaya menjaga dan mengamankan jaringan irigasi agar dapat  berfungsi dengan baik guna memperlancar pelaksanaan operasi serta mempertahankan kualitasnya.

“Tidak semua tanggungjawab berada pada petugas pintu air dan petugas operasi bendung, namun juga ada pada kalangan masyarakat,” tuturnya.

Dia mengharapkan agar para petugas pintu air dan petugas operasi bendung mampu meningkatkan efisiensi serta produktivitas pemanfaatan SDA yang ke depannya makin besar tantangan dan kendalanya “Pelatihan selama tiga hari ini harus bermanfaat dan mampu diterapkan di tempat tugas masing-masing. Silahkan berbagi pengalaman dengan petugas dari kabupaten lain termasuk para instruktur guna meningkatkan pemahaman serta mendapatkan ilmu baru,” ungkapnya.

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32