Tim Dewan Sumber Daya Air Aceh Bahas Soal Banjir Bersama Pemkab Bener Meriah.

Kategori : Berita Kegiatan Kamis, 03 Oktober 2019

Tim Dewan Sumber Daya Air Aceh, menyambangi Kabupaten Bener Meriah, untuk membahas soal banjir bersama pemkab setempat.


Pertemuan yang digelar di oproom setedakab setempat, Rabu (2/10/2019), dihadiri sejumlah pihak termasuk Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Setdakab Bener Meriah, ABD Muis SE MT.  

Anggota Tim Dewan Sumber Daya Air Aceh, Ir T M Zulfikar MP mengatakan, pertemuan dengan pemkab Bener Meriah, merupakan bagian dari monitoring serta evaluasi dan peninjauan lapangan untuk membahas dan melihat langsung potensi banjir di daerah itu.

“Termasuk juga, pemetaan penyebab banjir, penanggulangan, penanganan, mitigasi serta kendala yang dihadapi,” kata Zulfikar.

Menurut Zulfikar, terjadinya musibah banjir penyebabnya serta dampaknya hampir serupa. Potensi banjir bisa terjadi karena adanya illegal logging, kerusakan hutan, dan konversi lahan.

“Makanya, hari ini, kami ingin melihat penanganan dan penanggulangan banjir yang sudah dilakukan oleh pihak kabupaten maupun kota,” jelasnya.

Untuk itu, lanjutnya, perlu ada pemetaan sehingga penanganan bisa dilakukan secara bersinergi antara pemerintah kabupaten/kota dengan Pemerintah Aceh, termasuk juga keterlibatan pemerintah pusat.

“Soal pendanaan juga harus sama. Jangan nanti, bila terjadi musibah banjir semua lepas tangan,” tegasnya.

 Zulfikar menambahkan, dengan adanya kesamaan konsep sehingga penanganan banjir bisa dikelola secara baik, dan akan mengurangi dampak timbulnya korban harta serta jiwa.

“Saat ini, koordinasi sudah dilakukan, sehingga diharapkan ada solusi bersama yang dilaksanakan secara berjenjang, mulai dari tingkat provinsi, kabupaten dan di jajaran bawahnya,” tambahnya.

Sementara itu, ABD Muis menyebutkan, ada beberapa kendala yang dihadapi Pemkab Bener Meriah, terkait penanganan banjir serta pendanaan.

Namun dengan hadirnya tim Dewan Sumber Daya Air Aceh ke Kabupaten Bener Meriah, diharapkan bisa memberikan solusi soal kendala yang dihadapi.

“Kita sudah menyampaikan kendalanya, dan mereka akan meneruskan ke tingkat provinsi,” sebut ABD Muis.

 

Artikel ini telah tayang di serambinews.com dengan judul Tim Dewan Sumber Daya Air Aceh Bahas Soal Banjir Bersama Pemkab Bener Meriah, https://aceh.tribunnews.com/2019/10/02/tim-dewan-sumber-daya-air-aceh-bahas-soal-banjir-bersama-pemkab-bener-meriah.
Penulis: Mahyadi
Editor: Nur Nihayati

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32